Pemberian Imunisasi Bias DT & TD

www.sdn2curahcottokkap.sch.id---Jum'at(04/11), Puskesmas Kapongan melaksanakan pemberian imunisasi pada siswa sekolah dasar, yakni pemberian vaksin Difteri dan Tetanus (DT) dan Vaksin Tetanus (TD) kepada siswa-siswi yang dilaksanakan di SDN 2 CUrah Cottok kecamatan Kapongan hari jum'at tanggal 4 November 2022 yang dimulai pukul 07.30 wib, dengan sasaran siswa kelas 1 yang diberikan imunisasi Campak dan siswa kelas 2-6 diberikan imunisasi Tetanus Dptheria (TD).

Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.

imunisasi DT dan TD nyatanya berbeda baik dilihat dari fungsi maupun penyebutannya sedikit sama. Imunisasi DT (diphteria tetanus) adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Sedangkan imunisasi TD Td (tetanus diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi Dt agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut.

Kedua vaksin ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu mencegah terjadinya penyakit infeksi difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Namun, yang berbeda adalah waktu pemberian serta komposisi dosisnya.

Seluruh kegiatan pelayanan imunisasi bagi anak sekolah harus memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 baik bagi petugas maupun sasaran imunisasi.