KKKS Kecamatan Kapongan Adakan Sosislisasi ANBK

Kapongan – Dalam rangka untuk menunjang pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di wilayah Kabupaten Situbondo khususnya Kecamatan Kapongan, Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Kapongan menggelar kegiatan Sosialisasi Prosedur Operasional Standar (POS) ANBK Jenjang SD berdasarkan pada Peraturan Kepala BSKAP Kemendikbud Ristek No. 030/H/PG.00/2021 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional 2021.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan sejak Pukul 08.00 wib hingga jam 13.00 diikuti oleh sebanyak 24 Kepala Sekolah SD se – Kecamatan Kapongan dan 5 Perwakilan OPS sekolah yang dilaksanakan Tanggal 22 September 2021 bertempat di SDN 2 Curah Cottok. Dengan menghadirkan narasumber Kasi Dikdas Kab. Situbondo Bapak Supiono dan Bapak H. Mansur Ka. Korwil Kecamatan Kapongan.

Adapun ruang lingkup yang akan dibahas dalam POS ANBK ini meliputi kepesertaan asesmen nasional, pelaksana asesmen nasional, penyiapan instrumen asesmen nasional, pelaksanaan dan penyiapan teknis, pengolahan dan pelaporan hasil asesmen nasional, pemantauan dan evaluasi, biaya pelaksanaan asesmen nasional, prosedur penanganan masalah dan tindak lanjut, sanksi, serta kendala dalam pelaksanaan asesmen nasional. ANBK yang akan dilaksanakan di tengah – tengah kondisi pandemi covid – 19 ini menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi seluruh komponen penyelenggara, untuk menjamin kelancaran kegiatan tersebut dalam peraturan telah dipersiapkan prosedur pencegahan covid – 19 secara ketat, dan juga prosedur penanganan apabila terjadi temuan kasus konfirmasi covid – 19 di dalam satuan pendidikan. Rabu (22/09).